Capacity Building untuk Staff Taman Nasional Gunung Leuser Melalui Pelatihan Resort Based Management

DESMA Center bekerjasama dengan UNESCO Office Jakarta dan Kantor Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser mengadakan pelatihan Resort Based Management (RBM). Pelatihan dilaksanakan mulai 1-3 Oktober 2013 di Medan, Sumatera Utara. Pelatihan ini dilaksanakan oleh DESMA Center selaku mitra kerja UNESCO Office Jakarta melalui proses tender No. JAK/QUO/13/ECO/25.

Pelatihan tersebut dihadiri oleh 29 staff yang mencakup pejabat struktural, fungsional dan kepala resort model dalam lingkup Taman Nasional Gunung Leuser. Materi pelatihan mencakup kepemimpinan, pengalaman lapangan, filosofi dan spirit RBM serta implementasinya, kuesioner persepsi terhadap RBM, lesson learned dari taman nasional lain dalam mengimplementasikan RBM. Pada bagian akhir dari pelatihan, peserta memformulasikan dan menyetujui SoP dari bottom-up proses perencanaan untuk mendukung RBM, protocol pengumpulan data dan mekanisme sharing data dari tingkat resort hingga balai besar, dan membentuk RBM mobile team untuk membantu enam resort target.

DESMA Center bermitra dengan manajemen TNGL untuk memonitor aktivitas hingga sebulan setelah selesai pelaksanaan pelatihan. DESMA Center membantu RBM Mobile team untuk menilai dan melakukan uji coba atau try-out SoP/Protocol yang telah disetujui untuk proses perencanaan resort, pengumpulan data, profiling resort dan pemetaan resort yang menjadi target. Manajemen TNGL akan mengevaluasi hasil try-out proses job training.