Pengembangan Roadmap dalam Mendukung Inclusive Business pada sektor Wellness Tourism di Indonesia - Stakeholder Consultation Workshop

Stakeholder Consultation Workshop diadakan pada tanggal 8 November 2019, di Jakarta. Workshop ini merupakan lanjutan kegiatan pengembangan baseline roadmap mengenai Inclusive Business dalam sektor Wellness Tourism di Indonesia.

Workshop ini dihadiri oleh seluruh stakeholders yang terlibat dalam pelaksanaan Inclusive Business dalam Wellness Tourism, dimulai dari Instansi Pemerintah (Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Kelautan, Kementerian Desa, dan Dinas Pariwisata Kabupaten Buleleng), Akademisi (STP Trisakti Jakarta, Universitas Pendidikan Ganesha Bali dan Universitas Prasetya Mulya), ASEAN Secretariat, Asosiasi Pariwisata dan stakeholders bisnis terkait seperti hotel, perusahaan kosmetik dan kecantikan .

Kegiatan workshop ini dimulai dengan pembukaan oleh Kementerian Pariwisata dan UNESCAP. Dilanjutkan dengan sesi pertama yaitu pemaparan mengenai perspektif bisnis dalam bisnis inklusif pada sektor Wellness Tourism oleh Ms. Palupi Candra, Head of Corporate Communication & CSR Martha Tilaar Group, dan Dr. Mahendra Shah, Founder and Director of Zen Resort Bali.

Sesi kedua merupakan pemaparan mengenai fact finding yang didapatkan melalui assessment yang telah dilakukan pada tanggal 26 Oktober 2019 – 7 November 2019. Pada sesi ini, Mr. Christian Pirzer bersama dengan Ms. Wiwik Mahdayani menjabarkan hasil temuan lapangan serta input yang telah didapatkan dari 9 stakeholders Jakarta dan 15 stakeholders Bali.

Sesi ketiga merupakan Executive Panel Discussion dengan panelist ; Dra. Oneng Setya Harini, MM. (Asisten Deputi Pengembangan Pariwisata Budaya, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif); Ms. Ratna N. Eka Soebrata (Kepala Bidang Humas dan Litbang, ASITA); Ms. Palupi Candra (Head of Corporate Communication & CSR, Martha Tilaar Group); Dr. Mahendra Shah (Founder dan Diretur, Zen Resort Bali); Ms. Dian Vitriani (Team Leader dan Senior Advisor, GIZ-ISED); dan Mr. Rudolf Nuetzi (Country Director, Swisscontact). 

Sesi keempat adalah diskusi kelompok mengenai aktivitas prioritas untuk mempromosikan IB pada sektor Wellness Tourism di Indonesia, termasuk kewajiban dan peran dari setiap stakeholders terkait. 

Tujuan dari Workshop ini adalah menyampaikan temuan sekaligus mendapatkan input dari berbagai stakeholder terkait yang hadir yang hasilnya akan dituangkan dalam Final Report. Final Report akan digunakan sebagai acuan/baseline untuk pengembangan roadmap terkait Inclusive Business pada sektor Wellness Tourism di Indonesia.