Workshop Lanjutan Peningkatan Kapasitas Guru SMK: Penyusunan Curriculum Vitae (CV) Menggunakan Aplikasi Canva & Persiapan Menghadapi Wawancara Kerja bagi Lulusan SMK

DESMA Center Sumba Barat Daya melakukan kegiatan lanjutan “Workshop Peningkatan Kapasitas Guru SMK dengan materi Penyusunan Curriculum Vitae (CV) Menggunakan Aplikasi Canva & Persiapan Menghadapi Wawancara Kerja bagi Lulusan SMK.” Bertempat di Aula Mamoli Hotel Sinar Tambolaka Sumba Barat Daya pada Selasa, 10 Mei 2022.

 

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari Workshop yang telah dilakukan pada 23 Maret 2022. Workshop lanjutan ini diharapkan dapat membantu guru-guru untuk mempersiapkan siswa-siswa lulusan SMK untuk mengikuti Bursa Kerja yang akan dilaksanakan DESMA Center pada Juni 2022 dalam konteks proyek Penguatan Ekosistem TVET Pariwisata di Sumba Barat Daya.

 

Trainer dalam kegiatan ini adalah Ibu Redempta T. Bato., Sekretaris Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sumba Barat Daya dengan co-trainer Ibu Anggy. Peserta Workshop adalah para guru SMK dampingan (SMK Pancasila Tambolaka dan SMKN 2 Kota Tambolaka) dan 3 SMK Non Dampingan (SMKN 1 Waikabubak, SMK Kasimo Tambolaka dan SMK Bakti Luhur Tambolaka).

 

 

Metode yang dipergunakan pada Workshop adalah penyajian Materi (Presentasi) oleh Nara Sumber disertai dengan diskusi interaktif, sharing pengalamana baik trainer maupun peserta workshop dan praktik langsung penyusunan lamaran melalui Aplikasi Canva.

 

Para guru diharapkan membuat rencana pendampingan pembuatan CV di sekolah masing-masing, melakukan pencarian pekerjaan/job hunting dan koordinasi dengan PHRI atau kabupaten masing-masing untuk membantu siswa-siswi lulusan SMK khususnya Jurusan Pariwisata agar mendapatkan informasi peluang Kerja dari Industri baik yang ada di Sumba maupun luar Sumba.

 

Workshop Lanjutan Peningkatan Kapasitas Guru SMK: Penyusunan Curriculum Vitae (CV) menggunakan Aplikasi Canva & Persiapan Menghadapi Wawancara Kerja bagi Lulusan SMK, menjadi bagian dari Penguatan Hubungan SMK Pariwisata Dampingan dengan Industri Pariwisata, dalam proyek Penguatan Ekosistem TVET Pariwisata di Sumba Barat Daya yang diimplementasi oleh DESMA Center.

 

 

_____________

Program “DESMA Pandai - Penguatan Ekosistem TVET Pariwisata di Sumba Barat Daya” diimplementasi oleh DESMA Center, merupakan proyek kerja sama yang didanai William & Lily Foundation bersama Adaro Foundation. Kolaborasi ini dilakukan untuk mendukung pemerintah, institusi pendidikan, industri pariwisata dan masyarakat di Sumba Barat Daya dalam mempersiapkan sumber daya manusia berkualitas dan siap berkontribusi terhadap pengembangan pariwisata berkelanjutan.

 

Program berlangsung selama 2 (dua) tahun mulai Agustus 2020 hingga Juli 2022. Penerima manfaat langsung (beneficiaries) adalah SMKS Pancasila Tambolaka dan SMKN 2 Tambolaka, Kabupaten Sumba Barat Daya. Kegiatan proyek mencakup:

(1) Penguatan advokasi kepada pemerintah provinsi dan kabupaten; (2) Peningkatan kapasitas SMK pariwisata untuk persiapan memenuhi persyaratan menuju LSP P1; serta (3) Penguatan keterkaitan dan jejaring SMK pariwisata dengan industri pariwisata terkait. 

 

Proyek ini bermitra dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Nusa Tenggara Timur, Korwas SMA/SMK/PLB Kabupaten Sumba Barat Daya, Pemerintah Kabupaten Sumba Barat Daya, Dinas Pariwisata Kabupaten Sumba Barat Daya, serta 2 (dua) SMK model yaitu SMKN 1 Kupang dan SMKN 3 Denpasar yang terlibat program sister school dengan SMKS Pancasila dan SMKN 2 Tambolaka.

 

Proyek ini juga mendapat dukungan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi serta Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.