Sustainable Hospitality Conference - How to Reduce Visitor Numbers but Retain Profitability

Sustainable Hospitality Conference adalah sebuah konferensi yang mempertemukan pelaku bisnis dari sektor hospitality dalam sebuah konferensi yang membahas mengenai langkah - langkah dan strategi dalam menciptakan bisnis yang sustainable. Konferensi ini diadakan pada tanggal 11 Maret 2020 di Auditorium IFI Jakarta. Konferensi ini dibagi menjadi 3 sesi utama; "Quantity VS Quality", "Changing the Paradigm of the Hospitality Industry", dan "Protecting the Future".  

DESMA Center ikut terlibat dalam menyuarakan pentingnya perubahan mindset dari destinasi pariwisata di Indonesia untuk tidak lagi mengejar kuantitas / jumlah wisatawan yang datang sebagai tolok ukur keberhasilan. Lebih dari itu, sebuah destinasi harus mengejar kualitas. Destinasi yang berkualitas tentu akan menciptakan pengalaman yang lebih bagi wisatawan yang berkunjung, pendapatan yang stabil dan terus meningkat, dan dampak positif pada lingkungan alam dan masyarakat sekitar.

Kapasitas sebuah destinasi dalam menampung pengunjung yang datang harus lebih diperhatikan, seperti seberapa banyak suatu destinasi dapat menampung jumlah pengunjung dalam satu waktu, seberapa besar dampak masing - masing pengunjung pada lingkungan sekitar yang dapat di toleransi, dan seberapa maksimal pengalaman yang akan diterima masing - masing pengunjung ketika berwisata. 

Semoga pariwisata Indonesia bisa terus berkembang dan bertumbuh sehingga pilar dari sustainability memang bisa secara nyata diimplementasikan dan dirasakan oleh seluruh masyarakat di Indonesia.